Review Tablet Sony Xperia Z4, Tablet Terbaik dengan Layar Quad HD

Tablet Sony Xperia Z4

Tablet Sony Xperia Z4 - Dalam Ajang Mobile World Congress (WMC) 2015 yang digelar di Barcelona, Sony memperkenalkan dua perangkat barunya yakni Sony Xperia M4 aqua dan Tablet  Sony Xperia Z4. Anehnya Sony menunda untuk mengumumkan Smartphone Sony Xperia  Z4 dan lebih memilih versi tablet pertama kali dirilis . Perangkat dalam kategori premium, Sony membanderol tablet Android sangat mahal pada harga pasar saat ini. Di balik harganya yang mahal, tertanam spesifikasi yang membuat Anda merasa terkejut, karena tablet ini  disenjatai dengan processor Qualcomm Snapdragon prosesor 810 dengan ukuran RAM 3 GB.

Tak heran banyak referensi di media bahwa Tablet Xperia Z4 menjadi tablet terbaik tahun ini, selain spesifikasi yang disediakan oleh Sony juga dilengkapi dengan desain bodi langsing dengan layar Quad HD dan dibungkus dengan ketebalan 6,1 mm.  Ketipisan mengalahkan iPad Air 2 dan Samsung Galaxy S. Selain itu, kemampuan tahan air dan debu disertakan pada tablet ini untuk meningkatkan kemampuan tablet dengan konektivitas LTE, yang semuanya memiliki paket lengkap untuk tablet terbaik pada saat itu. Mari kita ulas lebih jauh tentang Tablet Sony Xperia Z4 beikut:
review Tablet Sony Xperia Z4

Review Tablet Sony Xperia Z4

Desain Tipis dengan Ukuran Layar Quad HD

Layar berukuran 10,1 inci beresolusi HD Quad 2560 x 1600 piksel menjadikan Tablet Sony Xperia Z4 mampu menghasilkan gambar yang jernih dan tajam, gambar yang terang, ditambah tablet ini juga menggunakan layar panel IPS sehingga gambar yang dipublikasikan punya waktu akurat dan tetap nyaman diakses dari beberapa sisi layar. Layar ini memiliki kepadatan yang cukup mencapai 299 ppi untuk gambar yang akan lebih rinci daripada tablet dengan ukuran hampir sama yang masih menggunakan layar Full HD.

Tablet ini juga dilengkapi dengan Live Colour teknologi LED, yang membuatnya mampu menyajikan konten hiburan berupa permainan dan film dengan spektrum warna yang lebih kaya dan warna yang dekat dengan aslinya. Dimbangi tubuh desain layar yang jelas sangat tipis, hanya 6.1mm dengan dimensi keseluruhan 254 x 167 x 6,1 mm. Sayangnya tepi layar (bagian layar) tampaknya cukup tebal sehingga mengurangi kesan premium tablet Sony ini, sedangkan berat sekitar 369 gram berat badan.

Anti Air dan Debu

Tablet Sony Xperia Z4 Anti Air

Seperti Sony Xperia M4 Aqua diulas di atas, tablet ini juga memiliki kemampuan anti air dan terlindung dari debu, dan untuk itulah mengapa harga Tablet Sony Xperia Z4 dibanderol dengan harga mahal. Kemampuan tersebut bisaAnda dapatkan asalkan semua port dan tutup tersambung dan terpasang dengan kuat, dan tidak boleh dibawa berendam dalam air selama lebih dari 30 menit, pada kedalaman sampai 1,5 meter. Tablet ini juga tidak dapat digunakan di kolam air laut atau air garam karena dapat mengihilangkan garansi resmi yang diberikan oleh Sony.

Kemampuan yang dimiliki tablet Sony ini tak lepas dari perangkat Ingress Protection (IP) IP65 dan IP68 menjanjikan layaknya kekuatan militer yang tahan air dan debu. Tablet Sony Xperia Z4 juga dilengkapi lapisan kaca anti goresan  + anti-sidik jari, tetapi tidak disebutkan jenis lapisan kaca anti gores yang dimilikinya. Tapi yang jelas, ukuran layar 10,1 inci dengan resolusi (2560 x 1600 piksel) sangat istimewa karena memiliki kekuatan yang luar biasa, jadi jangan ragu-ragu untuk membelinya jika uang Anda cukup untuk membayar harga Tablet Sony Xperia Z4 ini.

Kinerja Pacu yang Makin Tangguh

Kecepatan tablet ini dalam membuka aplikasi dan permainan tidak perlu diragukan lagi, karena terdapat prosesor 64 bit berkemampuan tercepat saat ini yaitu Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 dan berjalan pada kecepatan Octa core yang merupakan hasil perpaduan antara Quad-Core 1.5GHz Cortex-A53 dan Quad-core  2 GHz Cortex-A57. Octa-core prosesor 64-bit menawarkan hingga 50% lebih cepat dari prosesor sebelumnya, dan memiliki efisiensi baterai yang lebih baik.

Kinerja yang semakin menjanjikan setelah tablet Sony ini menawarkan RAM dengan ukuran 3GB dan GPU Adreno 430 yang mampu meningkatkan kinerja game dan kecepatan multitaskingnya. Pada penyimpanan data telah disediakan memori internal dengan kapasitas 32 GB, dan dapat menambah ukuran memori microSD mencapai 128 GB, sehingga semua file multimedia dapat disimpan secara utuh di Tablet Sony Xperia  Z4.

Spesifikasi Tablet Sony Xperia Z4

Sistem operasi pada tablet ini sistem operasi Android terbaru yaitu Lollipop dan ditingkatkan dengan kemungkinan PS4™ Remote Play, yang digunakan untuk memindahkan permainan PS4 kelayar tablet ini, dengan cara menyambungkan Tablet Sony Xperia Z4 ke Wifi rumah yang juga digunakan pada PS4, selain itu Anda juga dapat menggunakan Controler pengontrol DUALSHOCK®4 selayaknya Anda bermain PS4 biasa. Keren, bukan?

Tablet ini mampu memainkan video HD hingga 17 jam tanpa takut kehabisan daya baterai. Kemampuan baterai yang tidak terpisah dari bodi berukuran 6000 mAh. Baterai tidak dapat dilepas - pasang karena desain unibody sangat tipis tidak memungkinkan ada baterai removable. Sony juga memberikan pengaturan baterai yang dapat memaksimalkan daya tahan baterai yang mampu bertahan lebih lama dengan menonaktifkan fitur yang tidak terpakai, atau hanya didedikasikan untuk menerima panggilan atau SMS tanpa koneksi internet.

Kamera dengan Lensa 8.1 MP

Anda dapat mengambil gambar dan merekam video saat berenang, dan kualitas gambar sangat baik, karena menggunakan lensa 8.1 megapixel dengan Sony Exmor RS sensor yang menangkap kualitas yang menakjubkan dari kesatuan arah pencahayaan. Sayangnya, kamera tidak dilengkapi dengan flash LED tapi kamera ini dipadukan dengan autofocus yang sangat cepat, dan kemampuan untuk merekam video Full HD 1080p, meskipun belum digunakan untuk merekam di dalam air.

Kemudian di kamera depan diberikan kamera berlensa 5.1 megapixel dengan lensa wide angle 25mm. Lebarnya sudut tersebut mampu memotret objek yang lebih banyak, sehingga Anda dapat mengambil foto Self-timer bersama-sama tanpa takut orang di sekitar Anda mengganggu gambar. Dengan kemampuan berendam di dalam air, tentu anda tidak akan menyia-nyiakan untuk berfoto selfie saat berenang.

Dilengkapi Konektivitas Andal

Konektivitas Tablet Sony Xperia Z4
Konektivitas internet super cepat di perangkat mobile sangat diperlukan saat ini. Tidak terkecuali untuk Sony Tablet yang dilengkapi dengan konektivitas LTE Cat.6 dengan kecepatan 300 mbps. Semua bisnis, hiburan dan komunikasi yang membutuhkan konektivitas internet akan dipenuhi dengan membeli tablet ini, tapi tentu saja mengorbankan banyak uang karena Tablet Sony Xperia Z4 dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Tablet ini memiliki konektivitas satu sentuhan (One Touch) yang dapat terhubung ke speaker atau headphone dengan NFC, dan remote display yang bias menghubungkan tablet ini kelayar yang memiliki ukuran lebih besar seperti televisi. Lalu untuk konektivitas nirkabelnya juga disediakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, dan Bluetooth V4.1. Tak ketinggalan kemampuan microUSB v2.0 yang support terhadap (MHL 3.0 TV-out), dan USB OTG juga semakin melengkapi kemampuan Tablet Xperia Z4.

Kilas Spesifikasi Tablet Sony Xperia Z4

  • Sim Card :  Single SIM (Nano-SIM)
  • Dimensi : 254 x 167 x 6.1 mm
  • Berat  : 396 g
  • Layar : IPS LCD, 10.1 inches, 2560 x 1600 pixels (~299 ppi pixel density)
  • Memory : 32 GB,  microSD, up to 128 GB
  • Ram : 3 GB
  • OS : Android OS, v5.0.2 (Lollipop)
  • Processor : Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57)
  • GPU : Adreno 430
  • Konektivitas : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps, Bluetooth v4.1, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot,  microUSB v2.0, NFC
  • Kamera Belakang : 8.1 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, Video 1080p@30fps, HDR
  • Kamera Depan : 5.1 MP
  • Kapasitas Baterai : Non-removable Li-Po 6000 mAh
Harga Tablet Sony Xperia Z4

Tentang Harga Tablet Sony Xperia Z4

Tablet ini dikabarkan akan pertama kali dirilis ke pasar pada bulan Juni 2015, harga terendah sekitar €660 atau sekitar Rp 9,5 juta. Harga Tablet Sony Xperia Z4 tersebut dapat berubah karena Sony berencana memasarkan dua model: versi wifi dan LTE. Sony juga siap memasarkan keyboard bluetooth khusus untuk tablet ini, sehingga harganya bisa akan jauh lebih mahal jika dijual bersama-sama dengan keyboard docking.
  • Harga Tablet Sony Xperia Z4 Baru : Rp. 9.500.000 (perkiraan)
  • Harga Tablet Sony Xperia Z4 Bekas : -
sumber: hariangadget.com

Lihat juga review smartphone lain:

Back To Top