Harga dan Review Lengkap Samsung Galaxy A5 (2016) Edition


Punyagadget.comSatu tahun beselah setelah merili smartphone berbodi metal, kali ini Samsung kembali merilis generasi terbaru dari Galaxy A5 dengan seri SM-A510F. Smartphone ini membawa banyak perubahan, mulai dari sektor kamera, desain, dan sektor dapur pacunya. Semuanya diberikan agar Samsung Galaxy A5 (2016) Edition dapat bersaing melawan smartphone sekelasnya yang sama-sama berada dikelas menengah keatas, seperti Vivo X6 dan Oppo R7s yang belum lama ini dirilis kedua vendor asal Tiongkok tersebut.

Jangan heran apabila harga hp Samsung Galaxy A5 2016 Edition dibanderol lebih mahal. Pasalnya smartphone ini memiliki spesifikasi lebih tinggi dibandingkan generasi pertamanya. Dimana didalamnya sudah ada processor buatan Samsung yang dibuat dengan proses fabrikasi 20 nanometer dan memiliki arsitektur 64-Bit. Selain itu, Samsung juga meningkatkan resolusi layar menjadi Full HD (1080 x 1920 pixels), agar kualitas gambar yang ditampilkan saat sobat menonton video dan bermain game semakin terlihat jernih dan tajam.

Fitur canggih berupa sensor pemindai sidik jari juga ditempatkan pada tombol home. Fitur ini membuat Galaxy A5 (2016) memiliki kemampuan setara Galaxy A8 ataupun Galaxy S6 yang sama-sama mengandalkan sistem keamanan biometrik sidik jari. Hadirnya fitur tersebut, secara otomatis membuat harga Samsung Galaxy A5 (2016) Edition dibanderol lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya yang dipasarkan di Indonesia dengan harga sekitar 4 Jutaan. Sementara untuk harga Samsung A5 (2016) diperkirakan melebihi 5 Juta Rupiah.

Meskipun nantinya harga Samsung Galaxy A5 (2016) di Indonesia akan lebih mahal, namun smartphone ini menawarkan beragam kecanggihan teknologi yang membuatnya menjadi salah satu smartphone Android terbaik dikelas menengah keatas. Sobat punyagadget.com pastinya masih penasaran ingin mengetahui apa saja kecangihan teknologi yang diberikan Samsung untuk memperkuat kehebatan smartphone ini. Nah untuk melihatnya lebih detail, mari kita bahas satu persatu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy A5 2016 Edition.

Spesifikasi dan  Harga Samsung Galaxy A5 (2016)


Ukuran
  • Dimensi : 144.8 x 71 x 7.3 mm
  • Berat : 155 g
Tipe Layar
  • Tipe : Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi : 5.2 inches, 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
  • Fitur : Corning Gorilla Glass 4 (Belum Dikonfirmasi)
Memori
  • Internal : 16 GB
  • Eksternal : microSD, up to 128 GB
  • Ram : 2 GB
Software
  • OS : Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • UI : Samsung Touch Wiz
Hardware
  • Chipset : Exynos 7 Octa 7580
  • Processor : Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
  • GPU : Mali T720 MP2
Konektivitas
  • Sim Card : Dual Sim
  • Internet : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
  • GPS : A-GPS, GLONASS/ BDS
  • Bluetooth : v4.1, A2DP, EDR, LE
  • Wifi : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • USB : microUSB v2.0, USB Host
  • NFC
Kamera Belakang
  • Resolusi : 13 Megapixel (4128 x 3096 pixels)
  • Fitur : Optical image stabilization, autofocus, LED flash, Aperture F/1.9, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video : 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi : 5 Megapixel (2560 x 1920 pixels)
  • Fitur : Aperture F/1.9
  • Video : 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas : Non-removable Li-Ion 2900 mAh
  • Fitur : Fast Charging
Fitur Andalan
  • Sensor : Accelerometer, Proximity, Geomagnetic, RGB Light, Hall, Fingerprint scanner
  • Warna : Gold, Black, Pink
  • Material : Frame Metal + Cover Belakang Kaca


Review Samsung Galaxy A5 (2016) Edition

Bodi Full Metal Dengan Back Cover Kaca

Generasi kedua dari Samsung Galaxy A5 tersebut, memiliki ukuran layar lebih besar dan resolusi layar lebih tinggi. Dimana Samsung memberikan layar seluas 5.2 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Sebagain pembanding, untuk generasi pertama memiliki layar 5 inci beresolusi HD 720 x 1280 pixels. Alhasil kualitas layarnya akan terasa lebih tajam dan jernih, apalagi Samsung juga memberikan panel layar bertipe Super Amoled yang memberikan kualitas warna lebih natural, dan warna lebih nyata pada kerapatan layar sebesar 424 pixel per inci.

Kabarnya smartphone ini kembali dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 4 yang membuatnya dapat terlindung dari segala jenis goresan, dan mencegah pecah saat terjatuh. Walaupun belum bisa dipastikan memakai Gorilla Glass 4 atau tidak, namun yang pasti Samsung Galaxy A5 (2016) memiliki bodi lebih premium. Terbukti dengan pemakaian frame berbahan metal, dan back cover berlapis kaca. Sementara untuk ukuran dimensinya, memiliki rasio pajang 144.8 mm x lebar 71 mm x dan ketebalan 7.3 mm. Sedangkan untuk beratnya sekitar 155 gram.

Dapur Pacu Octa Core 64 Bit Plus Ram 2GB

Sebanding dengan harga Samsung Galaxy A5 (2016) Edition yang dibandero lebih mahal dari generasi pertama, sobat punyagadget akan mendapatkan performa dapur pacu lebih powerfull, dan pastinya memiliki kinerja mulitasking lebih cepat. Pasalnya Samsung memberikan SoC (system on chip) generasi terbaru dengan seri Exynos 7 Octa 7580. Sesuai namanya, chipset tersebut telah dilengkapi processor Octa Core 64 Bit yang berlari pada Clock Speed Octa Core 1.6 Ghz Cortex-A53. Selain itu, didalamnya juga disediakan pengolahan grafis bertipe Mali T720 MP2.

Berbekal dapur pacu lebih powerfull, otomatis ponsel ini memiliki performa mulitasking lebih baik. Terlebih didalamnya sudah ada perpaduan antar Ram 2GB dan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 yang membuat kinerja Galaxy A5 2016 Edition semakin stabil, dan dapat mengeksekusi beragam fungsi dengan lancar. Kemudian untuk bagian penyimpana, disediakan memori internal berkapasitas 16GB dan memori ekternal dengan daya tampung mencapai 128GB. Jadi sobat punyagadget tak perlu bingung ketika harus menyimkan file berukuran besar.

Spesifikasi hardware ponsel ini memang tergolong sangat tinggi, jadi wajar apabila Samsung berani membanderol harga Samsung Galaxy A5 (2016) Edition lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya. Seperti yang kami sampaikan diatas, smartphone ini dibekali fitur pemindai sidik jari yang mengoptimalkan sistem keamana data dan privacy pengguna Galaxy A5 generasi kedua. Selain itu, kapasitas baterainya juga cukup besar, dimana sudah disediakan baterai bertipe Non-removable Li-Ion dengan kapasitas 2.900 mAh , dan didukung fitur fast charging.

Fitur Canggih Berteknologi Fast Charging

Sayangnya Samsung A5 (2016) Edition belum didukung fitur wireless charging. Namun sobat tak usah kecewa, karena Samsung mengoptimalkannya dengan fitur fast charging yang mampu mempercepat pengisian daya baterai. Tak hanya itu, Samsung juga membekalinya dengan konektivitas 4G LTE Category 6 yang mampu mengakses internet pada kecepatan maksium 300 mbps, dan upload 50 mbps. Lalu ada pula konektivitas 3G HSDPA berkecepatan 42.2 mbps, dan fitur Dual Sim untuk mempermudah pemakaian internet dan berkomunikasi via sms atau telepon.

Fitur NFC tak lupa disediakan untuk mempermudah sobat punyagadget melakukan pairing keperangkat audio atuapun perangkat lainnya yang mendukung NFC. Tak menutup kemungkinan Galaxy A5 2016 Edition akan mendukung teknologi pembayaran Samsung Pay yang memanfaatkan NFC sebagai metode pembayaran digitalnya. Lalu untuk konektivitas nirkabelnya, mengandalkan Bluetotoh v4.1 serta Wi-Fi berteknologi (Wi-Fi 802.11 a/b/g/n Dual Band). Owh yah, Samsung juga melengkapinya dengan port MicroUSB 2.0 dan navigasi GPS berteknologi (A-GPS, GLONASS, BDS).

Dual Kamera Berkualitas Dengan Aperture F/1.9

Selanjutnya pada sektor fotografi, sobat punyagadget.com akan dimanjakan oleh dua kamera berkualitas yang sama-sama memiliki bukaan lensa F/1.9. Pemilihan bukaan lensa atau aperture sebesar itu, membuat kamera Galaxy A5 2016 Edition mampu mengambil foto selfie dengan kualtias gambar lebih jernih, meskipun sobat ambil pada kondisi low light. Menariknya lagi, untuk kamera bagian belakan telah mengusung lensa 13 Megapixel yang diperkuat dengan teknologi optical image stabilization (OIS) yang membuat jepretan foto lebih stabil, dan meminimalisis terjadinya blur serta noise.

Wajar apabila harga Samsung Galaxy A5 (2016) dibanederol lebih mahal dari pendahulunya, karena smartphone ini membawa kamera lebih canggih. Namun sayangnya, kameranya belum mampu disetarakan dengan smartphone flagship Samsung yang rata-rata sudah bisa merekam video 4K. Owh ya, pada bagian belakang sobat juga menjumpai lampu led flash dan beragam fitur pendukung seperti face detection, HDR, dan masih banyak lagi lainnya. Kemudian untuk kamera bagian depan, memiliki lensa 5 Megapixel dengan aperture f/1.9, dan bisa merekam video Full HD 1080p@30fps berkualitas tinggi.


Harga Samsung Galaxy A5 (2016)

Informasi yang kami lansir dari phonearena.com, menyebutkan bahwa harga Samsung Galaxy A5 (2016) Edition akan dipasarkan sebesar USD$ 399. Apabila harga Samsung Galaxy 2016 Edition tersebut kita rupiahkan dalam rate (USD$1 = Rp. 13.800), maka sobat harus mengeluarkan yang sebesar Rp. 5.5 Jutaan. Yah harganya memang lebih mahal dibandingkan Galaxy A5 generasi pertama, pasalnya smartphone ini banyak membawa perubahan, seperti pemakaian material metal plus kaca, peningkatkan resolusi layar, dan pemberian kamera beresolusi tinggi yang diperkuat teknologi OIS.

Selain menawarkan harga Samsung Galaxy A5 (2016) dengan banderol sangat mahal, Samsung juga menawarkan teknologi canggih yang dibarengi desain premium berlapis metal dan kaca. Menariknya lagi, Samsung menyediakan varian warna pink layaknya warna rose gold pada iPhone 6s. Hal ini semakin menambah daya jual Galaxy A5 2016 Edition, terutama bagi pengguna smartphone wanita yang menginginkan smartphone canggih dengan desain lebih feminim. Nah itulah informasi kami mengenai Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A5 (2016), selanjutnya mari kita lihat kesimpulannya.

Kelebihan Galaxy A5 (2016)

  • Memiliki layar Full HD berukuran 5.2 inci
  • Dibekali dapur pacu powerfull dengan CPU Octa Core 64 Bit dan Ram 2GB
  • Kamera depan dan belakang memiliki aperture  F/1.9
  • Dilengkapi teknologi OIS pada kamera belakang
  • Kapasitas baterai cukup besar
  • Support 4G LTE dan Dual Sim
  • Desain premium dengan frame metal dan cover belakang berlapis kaca

Kekurangan  Galaxy A5 (2016)

  • Baterai tidak bisa dilepas
  • Kamera belakang belum bisa merekam video 4K
  • Harga Samsung Galaxy A5 (2016) di banderol sangat mahal
Sumber: hariangadget.com

Back To Top