Review Lengkap dan Harga Lenovo Vibe X3, Spesifikasi RAM 3GB Snapdragon 808


 

Punyagadget.comAkhirnya Lenovo Vibe X3 resmi dirilis kepasaran. Tak tanggung-tanggung, Lenovo langsung menawarkan dapur pacu berspesifikasi tinggi pada ponsel ini, yaitu dengan membawa Ram 3GB dan ditenagai processor Snapdragon 808, sehingga untuk performanya tak akan jauh berbeda dari LG G4 dan Xiaomi Mi4c yang mengadopsi dapur pacu serupa. Sayangnya desain premium dengan lapisan layer pada Lenovo Vibe X2 tidak kita jumpai pada ponsel ini, karena Lenovo memberikan desain jauh lebih tebal dan masih memakai material plastik.

Dibalik kekurangan pada segi desain, rupanya Lenovo menawarkan teknologi audio berkualitas tinggi pada smartphone ini. Pasalnya pada bagian depan kita akan menjumpai 2 buah speaker stereo yang dioptimalkan oleh amplifier Texas Instruments OPA1612 dan Cirrus Logic WM8281. Selain itu, tersedia pula teknologi audio buatan Sabre 9018C2M DAC yang sebelumnya kita jumpai pada LG V10. Tak hanya itu saja, Lenovo juga menyematkan teknologi Dolby Atmos untuk meningkatkan kualitas audio pada musik ataupun film yang sobat putar memakai ponsel  ini.

Berbekal teknologi audio berkualitas tinggi dan dapur pacu powefull, tentunya membuat harga Lenovo Vibe X3 dibandrol cukup mahal. Namun sobat tak usah khawatir tentang harga, karena Lenovo menyediakan versi Youth Version dengan harga jual lebih murah, akan tetapi spesifikasinya dibuat lebih rendah. Selain itu, Lenovo juga menyedikan 2 varian reguler dengan 2 pilihan memori internal yang terdiri dari 32GB dan 64GB. Sementara untuk spesifikasinya  sama-sama mengusung Ram 3GB dan CPU Hexa Core dari Snapdragon 808.

Harga Lenovo Vibe X3 setiap serinya dibanderol berbeda-beda sesuai dengan dukungan spesifikasi yang dibawanya. Namun sobat jangan heran apabila harga setiap seri terbaru masih tergolong mahal, pasalnya Lenovo mempersenjatai smartphone terbarunya dengan dukungan spesifikasi terbaik saat ini, jadi wajar apabila harganya sangat mahal. Nah bagi sobat punyagadget.com yang penasran ingin mengetahui seperti apa spesifikasi lengkap dan harga Lenovo Vibe X3 tersebut, mari kita simak informasi berikut ini.


Spesifikasi Dan Harga Lenovo Vibe X3


Kartu SimDual Sim (Nano Sim)
Ukuran (P x L x T)154 x 76.5 x 9.3 mm
Berat175 g
Tipe LayarIPS capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar5.5 inches, 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density) + Corning Gorilla Glass 3
MemoriInternal 32GB / 64GB, microSD, up to 128 GB
Ram3 GB RAM
Sistem OperasiAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
ChipsetQualcomm MSM8992 Snapdragon 808
ProcessorQuad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57
GPUAdreno 418
Kecepatan InternetHSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth v4.0,  A-GPS, GLONASS, microUSB v2.0, NFC, USB OTG
Kamera Belakang21 MP, 5248 x 3936, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Video 2160p@30fps
Kamera Depan8 Megapixel
BateraiNon-removable Li-Po 3.600 mAh
Fitur
  • Fingerprint Sensor
  • Dolby Atmos
  • Hi-Fi DAC sound

Review Lenovo Vibe X3


Seperti yang kami sampaikan diatas, Lenovo Vibe X3 hadir dengan body plastik yang memiliki ukuran panjang 76.5 mm, lebar 154 mm, dan ketebalan 9.3 mm. Sementara untuk beratnya mencapai 175 gram dan masih memakai material body plastik yang bagian depannya telah disematkan 2 buah speaker stereo, sedangakan untuk bagian belakang memiliki sensor pemindai sidik jari (Fingerprint Sensor). Walaupun masih memakai material plastik, namun desain Vibe X3 tetap terkesan mewah dengan 2 pilihan warna yang terdiri dari hitam dan putih.

Selanjutnya untuk bagian layar, Lenovo Vibe X3 memiliki layar berbentang 5.5 inci dengan panel layar berjenis IPS LCD dan dilengkapi pelindung layar anti gores bertipe Corning Gorilla Glass 3. Sayangnya meskipun harga Lenovo Vibe X3 dibanderol cukup mahal, namun smartphone ini masih memakai layar beresolusi Full HD 1080 X 1920 pixels yang memiliki kerapatan 401 ppi. Tentunya sobat punyagadget mengharapkan ponsel ini memakai layar beresolusi Quad HD, akan tetapi inilah yang akan sobat dapatkan apabila membeli smartphone ini.


Kemudian pada bagian konektivitas, sudah disediakan konfigurasi Dual Sim yang memadukan 2 buah sim card bertipe nano-sim. Selain itu, smartphone ini juga mendukung jaringan 4G LTE Category 4 dengan kecepatan akses mencapai 150 mbps dan upload 50 mbps. Tak ketinggalan dukungan konektivitas GPRS, EDGE, dan HSPA+ juga tersedia pada smartphone berlayar 5.5 inci ini, jadi sobat tak perlu khawatir apabila tidak mendapatkan sinyal 4G LTE, karena tetap bisa mengakses internet dengan cepata melalui jaringan HSPA+ dengan kecepatan mencapai 42.2 mbps.

Selain membawa konektivitas 4G LTE, Lenovo Vibe X3 juga dibekali konektivitas Wifi Dual Band yang dipadukan berbagai konektivitas pendukung lainnya, seperti Bluetooth v4.0, port MicroUSB 2.0, NFC, dan navigasi GPS. Selanjutnya untuk sektor penyimpanan, telah tersedia memori internal berukuran 32GB dan 64GB yang bisa sobat pilih dengan harga berbeda. Tak hanya itu saja, smartphone ini juga didukung penyimpanan ekternal berupa microSD dengan kapasita maksimum mencapai 128GB, jadi sobat tak perlu bingung-bingung ketika menyimpan file berukuran jumbo.Lenovo Vibe X3

Ruang dapur pacu Lenovo Vibe X3 bisa disetarakan dengan LG G4 dan Xiaomi Mi4c. Pasalnya ketiga smartphone berbeda kasta ini, sama-sama dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 808 yang didalamnya tersimpan processor berteknologi 64 Bit dengan kecepatan Hexa Core 1.8 Ghz. (Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57). Processor tersebut dijamin tidak akan mengalami overheat, oleh karena itulah Lenovo lebih memilih memakai Snapdragon 808 ketimbang memakai Snapdragon 810 yang disinyalir masih mengalami overheat atau panas berlebih.

Untuk menghasilkan performa lebih optimal, smartphone ini juga dilengkapi Ram sebesar 3GB dan pengolahan grafis Adreno 418, sehingga kinerjanya semakin powerfull dan responsif ketika sobat punyagadget menjalankan banyak aplikasi dan game memakai smartphone Android berlayar 5.5 inci ini. Kemudian untuk sistem operasinya, memakai sistem operasi Android Lollipop 5.1 yang dipercantik dengan tampilan antar muka Lenovo Vibe UI terbaru. Selain itu, smartphone ini juga membawa baterai Li-Po berkapasitas 3.600 mah dan didukung fitur fast charging.

Berbekal kapasitas baterai berdaya 3.600 mah, tentunya Lenovo Vibe X3 sangat cocok sobat pakai untuk menikmati berbagai konten multimedia. Apalagi didalamnya tersimpan teknologi audio canggih yang memadukan 3 buah amplifier untuk menghasilkan suara berstandard Hi-Fi dengan kualitas suara sangat jernih. Selain unggul pada sektor audio, rupanya Lenovo Vibe X3 juga unggul pada sektor kamera, berkat pemakaian kamera berlensa 21 Megapixel yang ditempatkan pada sisi belakang, dan kamera berlensa 8 megapixel pada sisi depan.

Menariknya, kamera belakang 21 Megapixel pada Lenovo Vibe X3 telah memakai sensor lensa Sony IMX234 Exmor RS yang mampu menghasilkan foto beresolusi 5344 x 4016 pixels dan video beresolusi 4K. Selain itu, tersedia pula teknologi phase detection autofocus yang mengoptimalkan kecepatan focus ketika sobat membidik suatu objek berjarak dekat. Tak ketinggalan aperture sebesar F/2.0 dan dual led flash, siap mengoptimalkan pengambilan foto dimalam hari ataupun didalam ruangan bercayaha rendah agar hasil foto tetap terlihat terang dan jernih.

Selain memberikan kamera belakang beresolusi sangat tinggi, Lenovo juga membekali ponsel terbarunya dengan kamera selfie berkekuatan 8 Megapixel yang otomatis mampu menghasilkan foto selfie dengan kualitas begitu jernih. Apalagi kamera tersebut telah mengadopsi sensor BSI dan memiliki bukaan lensa F/2.2, sehingga dimanapun sobat mengambil foto selfie, maka hasilnya akan tetap optimal. Nah itulah kemampuan kamera yang ditawarkan Lenovo, lalu berapa sebenarnya harga Lenovo Vibe X3 tersebut ?, apakah sebanding dengan kemampuan kamera yang dibawanya ?


Harga Lenovo Vibe X3


Berbagai kelebihan yang ditawarkan Lenovo pada smartphone ini, terutama pada sektor audio dan kamera membuat harga Lenovo Vibe X3 dibanderol sangat mahal. Pasalnya informasi yang kami dapatkan dari GSMarena, menyebutkan harga untuk varian memori internal 64GB yang harus sobat bayar dengan uang sebesar $470 atau setara Rp. 6.3 Jutaan. Sedangkan untuk memori internal 32GB dibanderol sebesar $390 atau setara Rp. 5.3 Jutaan (USD1 = Rp. 13.600). Semoga saja harga Lenovo Vibe X3 di Indonesia bisa dibanderol lebih murah dibandingkan harga resminya di China, sehingga kita bisa merasakan kehebatan audio dan kamera smartphone ini.

Kelebihan Lenovo Vibe X3

  • Dilengkapi kemampuan audio terbaik
  • Memakai chipset Snapdragon 808 dan Ram 3GB
  • Kapasitas baterai mencapai 3.600 mah
  • Dilengkapi sensor sidik jari
  • Kamera utama 21 MP dengan teknologi phase detection autofocus
  • Kamera selfie berkekuatan 8 MP
  • Konektivitas sudah sangat lengkap

Kekurangan Lenovo Vibe X3

  • Harga Lenovo Vibe X3 dibanderol sangat mahal
  • Masih memakai material plastik
  • Layar belum beresolusi Quad HD, meskipun harga Lenovo Vibe X3 sudah memungkinkan pemakaian layar tersebut
Sumber: hariangadget.com

Back To Top